Membuat Curriculum Vitae



Selamat bertemu kembali para pembaca yang sukses. Pada tulisan kali ini, saya hendak share terkait Curriculum Vitae atau yang biasanya disingkat dengan istilah “CV”. Sebelumnya pada tau gak Curriculum vitae itu apaan? Curriculum Vitae lebih dikenal di Indonesia dengan istilah Daftar Riwayat Hidup. CV adalah dokumen yang memberikan gambaran mengenai diri, pendidikan, pengalaman sesorang dan kualifikasi lainnya.

Ketika di awal masa kuliah, saya sangat asing dengan CV ini. Namun di pertengahan masa kuliah, karena sempat mengikuti beberapa kegiatan organisasi yang terkadang menghadirkan Para Pembicara/ Tokoh fenomenal, dimana sebelum mengisi sebuah acara, mereka diminta untuk mengisi CV terlebih dahulu agar dapat disampaikan dan diperkenalkan kepada para peserta oleh pembawa acara atau moderator di acara kampus. Kurang lebih seperti itu lah awal-awal perkenalan saya dengan Curriculum Vitae ini. Kemudian pertama kalinya saya membuat CV pribadi saya sendiri yaitu pada semester-semester ahir kuliah, ketika berencana untuk mengikuti pelatihan kepemimpinan tingkat nasional, ternyata para calon peserta diwajibkan untuk membuat salah satunya Curriculum Vitae.

Ketika saya lulus kuliah, saya mendapati semua lowongan pekerjaan menuntut para pelamar kerja untuk membuat Curriculum Vitae atau Daftar Riwayat Hidupnya. Dengan menyadari bahwa dunia kerja adalah dunia yang dipenuhi dengan competitor, maka menjadi sebuah keharusan menurut saya untuk membuat CV yang dapat menarik dan memikat pihak perusahaan yang menawarkan lowongan pekerjaan.


Perjuangan pun dimulai untuk membuat CV yang memikat dan benar-benar mewakili diri saya secara utuh. Mulai dari searching contoh-contoh CV yang ada di internet atau pun berbagi dengan teman-teman sesama jobseeker mengenai model dan design CV mereka. Beragam tips dan trik yang saya peroleh untuk membuat CV, semua itu membuat saya mendapatkan banyak masukan sekaligus semakin bingung, model CV mana yang baiknya saya buat. Beberapa tips yang saya ingat waktu itu diantaranya “kalo buat CV itu maksimal 1 halaman aja, karena HRD perusahaan itu tidak punya waktu untuk membuka halaman kedua dari CV pelamar”, tips lain “jelaskan secara singkat mengenai jobdesk tugas dan tanggungjawab saat aktif di organisasi”. Saat itu, saya mencoba membuat CV 1 halaman aja, tapi nyatanya dengan satu halaman, saya tidak bisa menulis jobdesk dari posisi yang saya jabat saat aktif di organisasi. Yaa jadinya benar-benar bingung, karena terkadang tips yang satu dengan tips lainnya saling berlawanan dan tidak bisa dibuat dalam satu formula CV.

So, finally, daripada boros waktu hanya untuk menentukan dan memikirkan semua tips dan masukan yang saya peroleh dari berbagai situs, kawan dan referensi. Akhirnya saya memutuskan untuk membuat CV dengan menggabungkan beberapa referensi CV dan membuat CV ala mahfud sendiri. Dan Alhamdulillah, dengan menggunakan CV ini, saya selalu lolos tahap awal proses seleksi tes kerja yaitu Screening CV. Dari pengalaman selalu dipanggil untuk Psikotest dari semua lowongan yang dilamar alias lolos proses Screening CV, maka saya menyimpulkan bahwa CV saya ini sudah lumayan baik, memikat dan merepresentasikan diri saya secara apik.

Membuat CV akan menjadi lama dan terkesan susah kalau kita menganggapnya susah dan tidak segera mengambil keputusan. Membuat CV pun akan menjadi cepat dan mudah kalau kita cepat ambil keputusan dan tidak terlalu toleh kanan dan kiri, hehe. Menurut saya sih, CV yang baik kalo memenuhi dua kategori, yaitu :

  1. Berisikan Data Diri, Contact Person, Pendidikan, Pengalaman, Keahlian, dan Prestasi.
  2. CV nya menarik dan memikat pelihatnya dalam sekali lirik, hehe.

Sederhana sekali bukan ? hehe.

Dibawah ini saya tampilkan foto CV yang saya gunakan untuk melamar di perusahaan-perusahaan, dan top record selalu lolos Screening CV looh,,hehe. Check it Out !
Page 1

Page 2

Aunur Mahfud
Kudus, 11 April 2014

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Reflexion Time : Setelah Setahun Bekerja

Touring Sulawesi Selatan (Part 1)

Goes To Bali & Lombok | It's Started