Goes to Karimun Jawa

Alhamdulillah Gak nyangka banget, ahirnya di awal tahun 2018 (17-18 Maret) saya bisa berkunjung ke tempat yang terkenal dengan penakaran hiu dan surganya penyu di Indonesia. Apalagi kalo bukan Karimun Jawa.



Tempat yang menjadi salah satu ikon dan destinasi wisata favorit di jawa tengah ini tidak hanya memancing minat para wisatawan lokal namun juga mampu mencuri minat wisatawan mancanegara untuk mengunjunginya. Tempat ini juga sudah lama sekali saya incar untuk saya datangi namun selalu terkendala karena satu dan lain hal.

Karimun jawa ini ternyata memiliki sekitar 27 pulau dan baru beberapa pulau yang dihuni manusia. Penghuninya pun cukup beragam, namun jika mau digolongkan, sebagian besar penghuninya bersuku jawa, bugis dan madura. Minat bermukim di karimun jawa? hehe

Keindahan lautnya benar-benar membuat mata terpukau dan membiat lidah ini tanpa henti mengucapkan "Subhanallah". Tidak hanya keindahan bawah lautnya yang menawarkan 400 jenis fauna laut (kata wikipedia), tapi keindahan warna laut dari permukaan saat dilihat dari atas kapal juga sangat lah indah. Tempat ini benar-benar sangat direkomendasikan sebagai tempat refreshing dan berlibur bersama teman dan keluarga.


Untuk berkunjung kesini pun saat ini sudah cukup mudah. Ada transportasi udara dan juga transportasi laut yang punya jadwal keberangkatan rutin. Temen-temen bisa kepo-kepo aja di google untuk jadwal pemberangkatannya atau bisa juga kepoin langsung ke pelabuhan kartini di jepara atau di pelabuhan tanjung emas di semarang. Pengumuman jadwal keberangkatan kapalnya bersifat bulanan jadi bisa saja berubah-rubah sesuai kondisi dan cuaca di lautan.

Jasa-jasa paket trip selama di karimunjawa pun sangat banyak ditemukan di dunia maya. biasanya lebih banyak rombongannya akan semakin murah biayanya.

Lalu gimana donk yang pengen backpackeran atau jalan sendirian di tempat ini. Santai aja. Temen-temen bisa juga koq backpackeran dengan budget yg lebih murah. Penduduk dan petugasnya ramah-ramah koq, dijamin gak bakal tersesat. Penginapan di karimunjawa pun terbilang murah dan terjangkau. Harga makanan pun standar murahnya. Di karimun jawa ini kita bisa rental motor untuk transportasi kesana dan kesini sembari eksplorasi daratan pulau karimun jawa. Kalo untuk eksplorasi lautnya, setau saya bisa sendirian tapi ntar tetap akan join dengan kelompok lain untuk menuju spot2 snorkeling menggunakan kapal.

Masih takut backpackeran ke karimunjawa, gak usah takut. Temen-temen bisa juga kepoin blog mereka-mereka yang sudah lebih dulu jadi solo backpacker ke karimun jawa ini. Banyak koq.

#Janganlupangetrip
#Janganlupabahagia

@aunurmahfud

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Reflexion Time : Setelah Setahun Bekerja

Touring Sulawesi Selatan (Part 1)

Goes To Bali & Lombok | It's Started