Cara Mudah Downgrade Aplikasi Blackberry Messenger (BBM)

Blackberry messenger telah menjadi aplikasi komunikasi messenger andalan bagi hampir semua orang. Kecepatan dan kemudahan serta banyaknya pengguna menyebabkan aplikasi messenger ini menjamur di semua gadget saat ini. Sebelumnya blackberry messenger ini menjadi aplikasi yang "berkelas" karena hanya bisa dimiliki oleh handphone yang bermerk blackberry saja. Namun setelah aplikasinya ini dapat juga digunakan melalui gadget android, menyebabkan pengguna blackberry semakin membludak dan dapat diakses oleh siapapun.

Tidak hanya anak-anak muda, namun Blackberry messenger ini juga merupakan salah aplikasi yang paling diminati oleh para pengusaha, karyawan dan eksekutif lainnya. Blackberry messenger ini bahkan menjadi ajang komunikasi dan koordinasi serta promosi andalan bagi para pengusaha, karyawan dan kalangan eksekutif. Bahkan untuk kalangan-kalangan tertentu, blackberry messenger ini menjadi hal primer yang harus dimiliki.


Begitu pun dengan penulis yang saat ini berstatus sebagai karyawan swasta di salah satu perusahaan nasional yang menjadikan blackberry messenger sebagai ajang komunikasi utama dan efektif antar sesama karyawannya. Pada awal blackberry ini booming yaitu saat masih kuliah, tidak terbersit sedikit pun dibenak penulis untuk membeli produk blackberry ini, apalagi menggunakan aplikasi blackberry messenger. Namun karena tuntutan pekerjaan, menyebabkan penulis turut membeli gadget yang memiliki aplikasi blackberry messenger ini sebagai andalannya. Ketergantungan terhadap aplikasi messenger ini tidak dapat dipungkiri, mengingat hampir sebagian besar koordinasi informal dilakukan melalui aplikasi ini.

Akibat ketergantungan pekerjaan yang cukup tinggi terhadap aplikasi messenger ini, menyebabkan jika terjadi error atau masalah terhadap aplikasi ini akan berdampak besar pada efektifitas kerja dan komunikasi kepada rekan kerja.

Salah satu problem yang pernah terjadi kepada penulis terkait aplikasi blackberry messenger ini adalah ketika penulis melakukan upgrade/update aplikasi messenger ini ke versi terbarunya (versi 8) dengan tujuan agar dapat meminimalisir error yang sebelumnya beberapa kali terjadi dan agar dapat menikmati fasilitas saluran (BBM Channel) yang diharapkan akan sangat bermanfaat untuk proses updating informasi. Namun berharap agar kondisi messengernya semakin membaik malah berefek pada kelambatan proses (lemot) chatting dan keterlambatan loading di semua aplikasi. Ironisnya ketika hendak melakukan downgrade ke versi sebelumnya (versi 7) agar gadgetnya dapat kembali normal, versi tersebut sudah tidak tersedia lagi di Blackberry World.

Saat itu kepanikan dan keinginan untuk mengganti gadget pun semakin meningkat. Dikarenakan di satu sisi ketergantungan terhadap aplikasi ini untuk komunikasi masih sangat tinggi, sedangkan di sisi lain aplikasi ini sering bermasalah (lemot) dan agak lamban digunakan untuk berkomunikasi. Namun, setelah mencoba mencari informasi terkait permasalahan ini, ternyata masih ada secercah harapan bahwa proses downgrade aplikasi blackberry messenger ini bisa dilakukan dan proses chatting serta komunikasi bisa normal kembali. Setelah mencoba mencari informasi dari berbagai pihak, kepada rekan-rekan yang pernah mengalami hal ini sebelumnya dan juga kepada "yang hampir mengetahui segalanya" alias si Google, akhirnya penulis dapat melakukan downgrade dengan baik, dan saat ini aplikasi blackberry messengernya telah berjalan secara normal seperti sediakala.

Dalam tulisan ini, penulis mencoba untuk melakukan sharing terkait cara mudah untuk melakukan downgrading aplikasi blackberry messenger sehingga dapat kembali dioperasikan secara normal. Dari beragam informasi yang diperoleh, terdapat banyak sekali cara untuk melakukan proses downgrading ini. Namun yang akan dishare dalam tulisan ini adalah cara yang sangat sederhana tanpa menggunakan jaringan wifi atau kondisi-kondisi khusus alias secara offline (tanpa membutuhkan koneksi internet). Caranya yaitu:

  1. Melakukan penghapusan aplikasi Blackberry Messenger versi 8 di gadget anda dengan cara :
    • Pilih Opsi/ Option (biasanya icon nya berupa obeng)
    • Pilih Aplikasi/ Application
    • Klik Pihak Ketiga/ Third Party
    • Setelah anda klik, akan muncul 3 pilihan, Pilih Add On
    • Scroll ke bawah, pilih Blackberry Messenger
    • Jika sudah ketemu, Klik dan Hapus/Delete
    • Jika ada perintah “Hidup Ulang Sekarang/ Reboot Now”, Silakan diklik.
    • Tunggu Proses Reboot/ Restart ulang selesai.
Jika Urutannya agak berbeda, anda bisa menggunakan urutan langkah ini untuk penghapusan, yaitu:

    • Pilih Opsi/ Option (biasanya icon nya berupa obeng)
    • Pilih Device
    • Pilih Application management
    • Pilih Blackberry Messenger
    • Jika sudah ketemu, Klik dan Hapus/Delete
    • Jika ada perintah “Hidup Ulang Sekarang/ Reboot Now”, Silakan diklik.
    • Tunggu Proses Reboot/ Restart ulang selesai.
Anda tidak perlu melakukan Backup terhadap Contact BBM anda, asalkan anda mengetahui atau masih mengingat Blackberry ID (BB ID) anda (BB ID dimana username berupa email dan password). Karena setalah anda menginstall Blackberry messenger versi 7 dan melakukan login kembali, semua contact BBM anda akan kembali muncul seperti sedia kala.

  1. Selanjutnya, anda dapat melakukan download terhadap aplikasi dibawah ini, bisa langsung melalui gadget anda, atau gadget lain atau bisa juga dengan menggunakan komputer, asalkan memiliki koneksi internet untuk melakukan download aplikasi.
Aplikasi dapat didownload disini (pilih yang akan anda gunakan sesuai OS):
  1. Setelah anda melakukan pendownloadan. Perhatikan bahwa file yang anda download masih berupa ekstensi rar. Silakan anda extract terlebih dahulu bisa melalui komputer dengan aplikasi winrar atau 7zip atau bisa melalui gadget anda menggunakan aplikasi extractor, seperti Rock File Manager.
  2. Setelah berhasil melakukan ekstraksi, (Jika menggunakan komputer, silakan di salin terlebih dahulu ke gadget anda) silakan buka folder hasil ekstraksi dan carilah file yang berekstensi jad.  Kemudian pilih download dan tunggu hingga selesai.
  3. Jika sudah selesai, akan ada perintah kembali melakukan reboot atau restart ulang. Silakan direstart ulang.
  4. Kemudian silakan login kembali menggunakan Blackberry ID anda. Dan Aplikasi Blackberry Messenger anda telah berada di versi 7 dan dapat dioperasikan kembali secara normal.

Demikian share terkait downgrading aplikasi Blackberry Messenger dari versi 8 ke versi 7. Semoga bermanfaat.



Kudus, 16 Agustus 2014

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Reflexion Time : Setelah Setahun Bekerja

Touring Sulawesi Selatan (Part 1)

Goes To Bali & Lombok | It's Started