Pemanfaatan Informasi


“Wirausaha yang sukses adalah orang yang selalu mengamati lingkungan dan memanfaatkan informasi dari lingkungan untuk kesejahteraan dirinya dan orang lain”. Begitulah defenisi wirausaha yang sukses menurut pak Murwanto, dosen Bisnis dan Kewirausahaan di FE UII Yogyakarta.
Kalimat tersebut, terutama kata yang saya garis bawahi sangatlah mengetuk dan menggugah hati saya untuk lebih mendalami makna arti kata tersebut.
Setelah ku menengok ke belakang dalam rangka introspeksi, ternyata saya masih kurang penerapan dalam hal memanfaatkan informasi saya peroleh. Sedangkan kegiatan yang sering saya lakukan hanyalah mengolah informasi dengan berdiskusi bersama teman tanpa memanfaatkan atau menggunakannya pada realita kehidupan dalam rangka menyejahterakan diri saya pribadi dan orang lain.
Pemanfaatan informasi tentunya sangat penting bagi seorang individu untuk berkembang dan tentu efeknya akan sangat bila diterapkan. Akan tetapi, hal ini tidak dapat dilakukan dengan maksimal tanpa adanya kemampuan untuk mengamati lingkungan dan mendeteksi serta menangkap informasi.
Saya mencoba membagi dalam 4 kategori, yaitu:
a. Orang yang tidak tahu informasi dan tidak memanfaatkan informasi
b. Orang yang tidak tahu informasi tetapi memanfaatkan informasi
c. Orang yang mengetahui informasi tetapi tidak memanfaatkannya
d. Orang yang mengetahui informasi dan memanfaatkan informasi tersebut
Sebagai seorang mahasiswa, sudah sepantasnya bagi saya dan yang lain untuk menjadi orang seperti kategori “d”. Disamping itu, mahasiswa ekonomi tentunya harus lebih dalam hal ini dibanding mahasiswa-mahasiswa dari fakultas lain. Hal ini dikarenakan mahasiswa ekonomi tentunya lebih dituntut untuk manjadi wirausaha yang sukses yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan menyejahterakan masyarakat.
Awalnya saya berpendapat bahwa pengusaha yang sukses adalah pengusaha yang inovatif dan kreatif. Ternyata kedua hal ini belum mampu membuat seseorang menjadi wirausaha yang sukses. Akan tetapi juga kedua hal ini harus disertai dengan kemampuan mengamati lingkungan dan memanfaatkannya dengan cara menerapkan kedua hal tersebut yaitu dengan inovasi dan kreatifitas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Reflexion Time : Setelah Setahun Bekerja

Touring Sulawesi Selatan (Part 1)

Goes To Bali & Lombok | It's Started