Kisahku Tentang Ujian Akhir Sekolah

Ketemu lagi kawan di blog ini.

Sistem ujian ahir saat saya kelas 3 SMA dibagi menjadi dua bagian. Ada Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Akhir Nasional (UAN). Seingatku, Ujian Akhir Sekolah saat itu menguji mata pelajaran yang tidak diujikan di Ujian Akhir Nasional. Selain itu Ujian-ujian praktek dan laboratorium menjadi rangkaian dalam pelaksanaan UAS. Tidak hanya itu, bahkan saat UAS, saya dan teman-teman mendapatkan ujian akan sesuatu yang tidak pernah kita pelajari sama sekali selama 3 tahun sekolah. Misalnya Ujian Kesenian bernyanyi, Ujian Tata Boga alias masak memasak. haha. ada ada aja.

Nih beberapa dokumentasi detik-detik pelaksanaan UAS saat itu, Check it Out :

Suasana Ujian Praktek Laboratorium Mata Pelajaran Kimia. Ujian melakukan pencampuran senyawa-senyawa kimia gitu lah.


Foto ini juga sama dengan yg di atas.

itu eko, nyontek lagi dia. hahaha. kebiasaan mentong itu eko. haha Justkid sodara.
Tiga foto diatas menggambarkan kondisi dalam laboratorium yang tenang dan penuh ketegangan. Lalu apa yang terjadi di luar laboratorium? Tentunya yang lain pada tegang dan bersiap untuk menanti gilirannya masing-masing. Sedangkan yang sudah ujian, Mereka nampak bahagia karena lega telah selesai ujian sembari berfoto ria. hehe.


pada sibuk dan tegang menunggu giliran ujian praktek.
Kita udah selesai ujian praktek bro... haha apapun hasilnya yang penting hepi. haha

exist lagi kita. haha.

seriusnya deh belajar.

harum toh cione? jawab ki cepat. jangan mi pake dipikir ! haha. eh topik itu juga kayanya serius sekali, jangan terlalu disesali topik, lulus jako sodara.

Belajar dan bertanya dan belajar.




Foto-foto diatas menampilkan kondisi pelaksanaan Ujian Praktek Laboratorium Kimia. Selanjutnya dibawah ini beberapa dokumentasi Ujian Tata Boga. Dalam pelaksanaan ujian tata boga ini, para siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, dimana masing-masing kelompok beranggotakan 4 orang. Masing-masing kelompok diminta untuk membuat suatu menu makanan kemudian mempresentasikan makanan tersebut ke para penguji. Tentunya supaya lebih afdhol, peserta tes harus menyediakan juga tester (tapi testernya 4 porsi untuk masing-masing penguji, hahaha) untuk para penguji agar penilaian dapat dilakukan dengan maksimal. haha. 
Ini guru-guru pengujinya. Meskipun para siswa belum pernah mendapatkan pelajaran memasak sebelumnya, namun kami semua dapat lolos dalam Ujian ini. haha bagaimana tidak lolos, banyaknya mi itu sogokannya eeeeh. hahahaha

Nih foto peserta yang sedang diuji dalam ujian tataboga ini. salah satunya sedang mempresentasikan hasil masakan mereka. Tapi koq kayanya mereka baku bombek yaa dan tampak tidak ada semangat gitu. wkwkwk. Mereka ini nda ada ekspresi sama sekali, apa karena sedang kelaparan yaak? wkwkwk

Para pengujinya juga sepertinya pada sibuk sendiri-sendiri. ada yang sedang menelpin, ada yang sedang nyicipin makanan. haha. di belakang juga banyak siswa yang melakukan aktifitas gak jelas. Ujian ini serius gak sih? hahaha

Ini Loh yang kami presentasiin, Fried Chicken bro.
Nah kalo ini nda tau hasil masakannya kelompok mana, haha. ini seperti nasi kuning yang dijual di terminal daya. mungkin siswanya tidak masak sendiri tapi beli ji di terminal daya baru dipresentasiin di kelas. hahahahaha
Tidak hanya ujian praktek laboratorium dan ujian tata boga. ada juga ujian teori-teori lainnya. Saya dan teman-teman selalu memilih lokasi belakang masjid dekat toilet sebagai tempat belajar favorit sembari menunggu guru datang.
Coba ko lihat seriusnya itu anto belajar. bagaimana tidak serius, pelajaran yang diujikan hari ini adalah materi penjaskes. Guru penjaskes adalah pacenya anto, makanya dia serius belajar supaya bagus ki nilainya dan tidak dimarahi ki sama pacenya. haha.

foto-foto dulu, haha. tapi anto memang luar biasa, tidak terganggu sama sekali. hahaha.
 Selain itu, dalam rangkaian Ujian Akhir Sekolah ini, ada juga Ujian Mata pelajaran kesenian. Dimana dalam ujian tersebut, kami diminta untuk melakukan performance dengan menyanyikan sebuah lagu di depan teman-teman kelas. Saya masih ingat dalam tes itu, saya dan teman-teman sekelompokku menyanyikan lagu yang hanya punya satu lirik. Saya sudah kurang ingat apa judul lagu dan penyanyi aslinya, tapi liriknya sangat pendek yaitu : "I just wanna say I Love You". hahaha. Seperti dugaan kami, bukannya dapat nilai, tapi malah dimarahin sama guru kesenian dan kami disuruh memberikan penampilan lain. hahaha. 

Menjelang ujian kesenian, kami selalu latihan bernyanyi di depan kelas diiringi gitaris tingkat kelurahan, Cione. hahaha

haha sama ji dengan yang diatas, tapi fotografer sebelumnya mau ki juga ikutan difoto. hahaha.

Bernyanyi dan bernyanyi menjadi kegiatan kami tiap hari. tidak tau mi dalam rangka apa, karena meskipun sudah selesaimi ujian keseniannya, tapi kami terus bernyanyi. hahaha.

Belakang masjid selalu menjadi tempat favorit kami. bahkan di sini juga kami mengabadikan lagu mahakarya kami dengan video. Nih Videonya di bawah foto ini :

Bernyanyi dan belajar. haha

Dan Pada akhirnya jadilah kami Boyband nya IPA 4. hahahahaha.
Latihan demi latihan kami lakukan. Akhirnya tiba lah waktu bagi kami untuk menampilkan hasil latihan kami di depan kelas. So Check it Out our Live Performance in Class !


Begitulah scene dan foto-foto kondisi masa UAS saat SMA.
Maaf yaaak kalo alurnya agak kurang pas atau bahkan salah penempatan dan konteks foto kawan-kawan. haha. Tapi intinya, foto-foto dan video kenangan tersebut dapat kita nikmati dan mengingatkan  pada kenangan kita di masa SMA. haha

Sampai jumpa di potingan selanjutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Reflexion Time : Setelah Setahun Bekerja

Touring Sulawesi Selatan (Part 1)

Goes To Bali & Lombok | It's Started